Creators United: Bagaimana pembuat konten kuliner berada di garis depan narasi baru seputar makanan
Masakan India telah menempati peringkat 5th dalam daftar Masakan Global Terbaik untuk tahun 2022, menurut Taste Atlas. Mengatakan bahwa pembuat konten kuliner memiliki kontribusi yang signifikan terhadap bagaimana orang India dan dunia memiliki kecintaan baru terhadap hidangan tradisional negara tersebut, sama sekali tidak berlebihan. Di Creators United, kami siap untuk merayakan para blogger/vlogger makanan tercinta, yang telah menambahkan cita rasa dalam hidup kami, satu postingan dalam satu waktu. Untuk yang belum tahu, Pinkvilla dan Mad Influence bergandengan tangan untuk menyelenggarakan festival kreator pertama di India di Goa pada tanggal 15th dan 16th Januari, 2023 di Goa.
Kembali ke pembuat konten makanan, dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kategori influencer ini semakin meningkat. Selain itu, mereka telah mengubah narasi seputar makanan. Sebagian besar dari kita telah menelusuri video makanan yang menggiurkan di celana pendek YouTube dan gulungan Instagram pada jam 2 pagi, bukan? Nah, ini hanyalah salah satu cara pembuatan konten makanan telah mengubah pendekatan dan kecintaan kami pada hidangan pilihan.
Baca terus untuk mengetahui bagaimana budaya pembuatan konten makanan memengaruhi narasi kami seputar makanan:
Sebuah ode untuk makanan lokal
India adalah negara yang mencintai makanannya. Keanekaragaman dalam geografi, iklim, tanah, dan budaya memberikan tempatnya cita rasa yang unik. Sementara beberapa hidangan dinikmati di seluruh pelosok negeri, ada ratusan olahan dan hidangan lokal lainnya yang tidak mendapatkan perhatian yang layak mereka dapatkan. Tapi, keadaan sekarang berubah menjadi lebih baik. Beberapa pembuat konten kuliner dan saluran makanan di seluruh platform media sosial sekarang memberikan ode yang sangat pantas untuk hidangan lokal mereka dengan memperkenalkannya kepada pemirsa mereka. Jadi, sesuatu dari Nagaland dimakan oleh seseorang yang duduk di Bengaluru, dan hidangan dari Jharkhand bisa dicoba oleh seseorang di Gujarat.
Makanan, kamera, dan pemberdayaan
Berkat kekuatan pembuatan konten, tiba-tiba, rutinitas sehari-hari menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam menjadi menarik. Membuat sesuatu yang bisa dimakan dan enak dari bahan selalu menjadi keterampilan hidup, dan sekarang orang juga menemukan pemberdayaan dalam bentuk validasi. Dari ibu rumah tangga hingga bujangan, pembuat konten berasal dari semua kelompok umur dan jenis kelamin. Jadi, seorang ibu rumah tangga sekarang menemukan suaranya saat dia membagikan apa yang dia siapkan untuk kotak bekal anak-anaknya, atau seorang mahasiswa merekam dirinya sendiri saat dia memasak biryani untuk pertama kalinya.
BACA JUGA: Creators United: Influencer mengubah narasi seputar perjalanan dan rekreasi; Begini caranya
Makanan sekarang bisa menjadi viral
Pada tahun 2020 saat kami duduk terkurung di empat dinding rumah kami, hampir semua orang mencoba membuat kopi Dalgona. Mengapa? Karena internet mengatakan demikian. Sesekali, beberapa makanan menjadi viral: baik itu kopi Dalgona, roti bakar alpukat, paratha adonan cair, atau mie Korea. Pembuat konten kuliner dengan banyak pengikut juga menciptakan rasa penasaran di benak pemirsa karena mereka juga ingin mencoba hidangan yang cukup unik ini di rumah.
BACA JUGA: Bagaimana influencer memengaruhi narasi seputar gaya, individualisme, dan kecantikan?
Untuk cinta makanan jalanan
Makanan jalanan memiliki penggemarnya sendiri di India. Makanan jalanan India adalah sub-genre masakan yang sangat berbeda di negara ini. Dari pani-puri hingga chaat, hingga vada pav, hingga jalebis, dan ghugni, dan pakora, dan momos – daftarnya tidak pernah berakhir. Pembuat konten kuliner sering terlihat mencoba kedai makanan di berbagai sudut dan sudut kota mereka, sehingga mereka dapat memberi Anda daftar seperti ’10 Hal Teratas untuk Dicoba di Kolkata’. Selain itu, pedagang kaki lima yang sederhana juga dapat dengan senang hati memamerkan barang-barang mereka di depan kamera, sehingga diharapkan dapat menarik lebih banyak pelanggan.
Mendunia
Selain merayakan masakan lokal dan regional, pembuatan konten makanan juga sangat membantu menyoroti makanan internasional. Tentu saja, kami tidak dapat terbang ke Jepang atau Italia sesuka kami, tetapi kami selalu dapat melihat makanan pilihan mereka di layar kami dan bahkan memesan di restoran (jika tersedia) atau bereksperimen dengan mereka di dapur kami sendiri, mengingat itu kami memiliki bahan yang tepat.
BACA JUGA: Creator’s United: Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang festival influencer yang diadakan di Goa ini